Sukses

Parenting

Perawatan Payudara Untuk Ibu Yang Tidak Menyusui

Ladies, karena beberapa alasan, ibu-ibu yang telah melahirkan bisa saja memutuskan untuk tidak menyusui. Nah, menurut drugs.com, beberapa saat setelah melahirkan, payudara yang tidak digunakan untuk menyusui akan mengalami gejala-gejala seperti pembengkakan, terasa sakit saat disentuh, dan keluarnya air susu secara alami dari puting ibu.

Untuk mengurangi gejala-gejala yang kurang nyaman ini, beberapa tips perawatan payudara untuk ibu yang tidak menyusui berikut ini mungkin dapat membantu:

1. Memakai bra yang nyaman
Ladies, dengan memilih dan memakai bra yang nyaman dan tidak terlalu ketat, payudara tidak akan tertekan sehingga tidak merasa terlalu sakit. Selain itu, bra yang tidak terlalu ketat juga akan mengurangi stimulasi pada puting payudara sehingga jumlah air susu yang bocor dapat berkurang.

2. Mengkompres dengan es batu
Untuk mengurangi pembengkakan, cukup bungkus pecahan-pecahan kecil es batu di dalam kain handuk lalu kompreskan pada payudara. Cara ini juga efektif untuk mengatasi rasa sakit pada payudara.

3. Mengeluarkan sedikit air susu untuk mengurangi ketidaknyamanan
Karena air susu tidak dihisap bayi, maka payudara dapat terasa penuh sehingga terasa sakit dan kurang nyaman. Untuk menguranginya ibu dapat menstimulasi pengeluaran air susu secara alami dengan mandi air hangat atau mengkompres dengan air hangat.

4. Minum obat sesuai resep dokter
Ibu yang tidak menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang keadaannya. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit pada payudara dan untuk menghentikan pengeluaran air susu.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)
Loading