Sukses

Parenting

Tips Merawat Anak Dengan Dermatitis Atopic

Dermatitis atopic, sebuah penyakit peradangan kulit turunan yang disebabkan oleh alergi, bisa jadi sangat mengganggu aktifitas anak Anda. Rasa gatalnya memang tak tertahankan, tetapi semakin digaruk semakin gatal dan luas ruamnya akan menjadi semakin parah.
Selain semakin memperparah keadaan kulit, menggaruk ruam dengan tangan dan kuku yang kotor berpotensi mengakibatkan iritasi dan infeksi pada kulit. Bahaya bukan?

Nah bunda, saran-saran dari medicinenet.com berikut ini dapat Anda coba untuk merawat kulit anak Anda yang terkena dermatitis atopic, terutama untuk menghindarkannya dari kebiasaan menggaruk ruam pada kulitnya:

1. Selalu jaga kuku anak tetap pendek
Bunda tidak bisa terus mengawasi gerak-gerik anak selama 24 jam. Anak-anak mungkin tidak sengaja menggaruk ruamnya saat rasa gatal tak tertahankan. Oleh karena itu, menjaga tangan anak tetap bersih dan kukunya terpotong pendek, adalah cara untuk menghidari terjadinya iritasi dan infeksi pada bekas garukan.

2. Rawat kulit dengan pelembab dan sabun khusus
Kulit dengan dermatitis atopic perlu dirawat dengan pelembab dan pembersih khusus untuk kulit sensitif yang tidak mengandung bahan pewangi dan kimia lainnya. Perawatan kulit yang baik dapat menjaga kelembaban kulit anak dan mengurangi rasa gatal.

3. Alihkan perhatian anak saat sedang menggaruk
Saat bunda dapat mengawasai perilaku anak, segera alihkan perhatiannya pada kegiatan lain saat si kecil sedang asyik menggaruk. Pada anak yang lebih besar, bunda dapat mengajari anak untuk tidak menggaruk ruamnya.

4. Konsumsi antihistamin
Dokter biasanya akan meresepkan obat yang mengandung antihistamin untuk meredakan gatal. Selain itu, obat dengan antihistamin dapat mengakibatkan kantuk, sehingga anak bunda dapat tidur lebih nyenyak dan menghindarkannya dari kebiasaan menggaruk di sela-sela tidur.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading