Sukses

Parenting

PKBR-Sebuah Upaya Guna Antisipasi Seks Bebas

PKBR merupakan kepanjangan dari Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja. Dari namanya saja Moms, Anda pasti sudah bisa mengira ini program untuk apa. Bukan sebagai alasan bagi para pemuda-pemudi untuk segera membina rumah tanga, tapi lebih tepatnya adalah sebagai pencegah merebaknya pergaulan hingga seks bebas/

Moms, ini penting untuk diketahui bagi Anda yang memiliki anak gadis di rumah. Jika ia sedang diam di rumah, jangan lantas Anda diam juga. Coba ajak dia ngobrol seputar sekolahnya, teman-teman dekatnya, bahkan pacarnya. Buat dia terbuka tentang apa saja pada Anda. Mengapa penting?

Menurut hukumonline.com, pergaulan bebas remaja saat ini sudah sangat parah. Data yang diperoleh dari Komisi Nasional Perlindungan Anak tahun 2008 menyebutkan bahwa dari 4.726 responden yang diambil dari siswa SMP dan SMA di 17 kota besar di Indonesia, menyebutkan bahwa 97% dari mereka sudah pernah menonton film porno. Hal tersebut barang tentu menjadi perhatian bagi orang tua dalam membatasi pergaulan anak.

Dalam menjaga anak, k4health.org menyarankan pada orang tua untuk sebisa mungkin menyampaikan materi penyiapan kehidupan berkeluarga pada remaja untuk memberikan gambaran pada mereka sekaligus membangun benteng pertahanan di dalam diri anak dari pergaulan atau seks bebas. Ketika keluarga sudah bisa leluasa membicarakan tentang penyiapan kehidupan berkeluarga, secara tidak langsung anak (remaja) menjadi lebih nyaman dan percaya untuk membicarakkan pada orang tua.

Sudah bisa Anda terapkan, Moms? Cepatlah, sebelum terlambat.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading