Sukses

Parenting

Masihkah Pendidikan Seks Dianggap Tabu?

Kebanyakan orang tua menganggap pendidikan seks adalah perkara yang tabu, sehingga mereka tidak pernah membahasnya di depan putra-putri mereka. Sedangkan perubahan hormonal dan fisik pada anak muda adalah hal yang pasti terjadi, perubahan tersebut akan membuat anak-anak penasaran untuk mencari tahu efek dari perubahan yang terjadi pada diri mereka.

Dorongan itu kadang mengarah kearah yang positif namun lebih banyak yang mengarah pada hal negatif. Tidak adanya bimbingan yang cukup adalah salah satu faktor terbesar dari munculnya dampak negatif tersebut.

Sebagaimana dikutip dari situs medindia.net mengatakan bahwa pendidikan seks bisa mencegah kehamilan dan menularnya penyakit seksual. Anak muda menjadi lebih awas ketika mereka diberi pemahaman terhadap dampak negatif dari kehamilan pada usia muda dan akibatnya bagi masa depan mereka, sehingga mereka akan menghindarinya. Selain itu penyakit menular seperti AIDS, kencing nanah dan juga sipilis juga bisa dicegah dengan pendidikan seks.

Yang perlu digaris bawahi nih Moms, memberikan informasi yang benar tentang pendidikan seks terhadap anak muda akan jauh lebih baik daripada membiarkan mereka mendapatkan informasi yang salah tentang seks dari sumber yang lain seperti teman, majalah atau internet.

Melihat kenyataan yang terjadi dalam kondisi anak muda saat ini dan juga rusaknya lingkungan social di sekitar mereka maka pendidikan seksusal sangat dibutuhkan bagi anak-anak muda. Nah Moms, mulai sekarang jangan malu-malu lagi untuk memberikan informasi tentang pedidikan seks pada anak-anak muda, bukankah mencegah lebih baik daripada menyesal di akhir?

Oleh: Muhammad Hilmy

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading