Sukses

Parenting

Boleh Bercinta Saat Hamil, Asal?

Ladies, saat Anda sedang hamil, hal tersebut bukan menjadi suatu penghalang untuk berpuasa melakukan hubungan seks selama 9 bulan. Mungkin sebagian besar pasangan masih takut dalam melakukan seks saat kehamilan, namun ada juga lho yang sebagian pasangan merasa tak masalah bercinta dalam keadaan istri sedang hamil.

Sebenarnya melakukan seks pada saat hamil itu sehat atau tidak? Pertanyaan tersebut sering sekali muncul, dan banyak pasangan yang tidak mengetahui pasti jawabannya. Mereka hanya mendengar penjelasan yang konon katanya berhubungan seks saat istri hamil akan berbahaya untuk istri dan janin, akibat parahnya akan terjadi keguguran.

Perlu Anda ketahui bahwa wanita yang sedang hamil boleh saja melakukan hubungan seksual, selama kehamilannya tidak terjadi masalah. Namun posisi saat bercinta harus diatur sehingga tidak menekan perut, selain itu sebaiknya penetrasi tidak terlalu dalam agar tidak menekan mulut rahim.

Lalu kapan hubungan seks menjadi tidak aman dilakukan di saat kehamilan? Dijelaskan pada situs babycenter.com, para ahli kandungan akan menyarankan untuk tidak berhubungan seks selama kehamilan jika terjadi beberapa hal di bawah ini:
• Anda mengalami plasenta previa. Kondisi di mana plasenta menutupi pembukaan serviks.
• Anda mengalami perdarahan vagina. Biasanya terjadi pada kehamilan kembar.
• Kondisi medis tertentu yang menyebabkan Anda dan janin tidak sehat.
• Berisiko mengalami persalinan prematur, sebelum usia kandungan 37 minggu
• Mengalami infeksi tertentu.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai berhubungan seks di masa kehamilan sebaiknya kunjungi dokter kandungan terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat kemanan berhubungan seks baik bagi Anda dan pasangan serta guna keamanan janin yang ada di dalam kandungan.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading