Sukses

Parenting

Hal-hal Yang Perlu Diketahui Dalam Pendidikan Seksual Remaja (I)

Meskipun pada umumnya masih dianggap tabu, ternyata ada banyak hal yang perlu diketahui remaja sejak dini mengenai seksualitas dirinya sendiri, maupun pendidikan seksual pada umumnya. Meskipun gairah bercinta sudah mulai timbul sejak masa pubertas, remaja yang tidak mendapatkan pendidikan seksual yang cukup biasanya tidak tahu bagaimana dia harus menyikapi perubahan pada dirinya tersebut.

Dikutip dari yourtango.com, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diketahui dalam pendidikan seksual remaja:

1. Hal paling utama yang perlu diketahui ialah nama dan fungsi masing-masing organ seksual pada tubuh wanita maupun pria. Daripada membicarakan organ seksual secara sembunyi-sembunyi atau dengan menyamarkannya menggunakan nama-nama binatang atau sebutan dari bahasa daerah masing-masing, menyebutkan nama dan fungsi organ seksual dengan nama ilmiahnya akan meningkatkan pemahaman seorang remaja mengenai tubuhnya sendiri, sekaligus merupakan cerminan dari kesehatan seksual remaja.

2. Seringkali para orang dewasa tidak menjelaskan perihal seksualitas kepada remaja secara terbuka karena mereka khawatir akan memberikan gambaran yang salah mengenai seksualitas. Selain itu, orang dewasa juga seringkali merasa kurang nyaman untuk membicarakan perihal seksualitas selain kepada pasangannya sendiri. Membahas seksualitas secara samar dan berbelit-belit juga merupakan pertanda bahwa orang dewasa masih menganggap remaja tersebut sebagai anak kecil yang belum pantas mendapatkan pendidikan seksual.

3. Remaja sebaiknya tidak begitu saja mempercayai informasi mengenai seksualitas dari teman sebaya. Bahkan informasi dari orang-orang dewasa juga seringkali tidak benar adanya, kecuali memang memiliki sumber ilmiah yang terpercaya.

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading