Sukses

Parenting

Anak Mulai Remaja, Anda Wajib Menyampaikan Ini!

Pendidikan seks pada anak memang hal yang cukup rumit untuk disampaikan. Saat anak mulai beranjak remaja, banyak orang tua yang merasa perlu menyampaikan beberapa informasi tentang seks, namun bingung harus memulai dari mana. Atas dasar itulah, avert.org memberikan beberapa panduan untuk orang tua yang bingung memberikan pengarahan pada anaknya yang sudah mulai remaja.

Menurut situs tersebut, ada beberapa poin penting yang perlu Anda sampaikan saat anak Anda mulai menunjukkan gejala kedewasaan. Informasi-informasi ini sangat penting karena bisa menjadi bekal untuk anak Anda nanti. Informasi apa saja yang dimaksud?

1. Perkembangan seksual dan reproduksi: inilah salah satu aspek yang sangat perlu untuk disampaikan. Anak-anak Anda mungkin mengalami masa pubertas di mana mereka merasakan berbagai perubahan baik secara fisik dan mental. Pada masa inilah Anda perlu mulai memperkenalkan apa yang dimaksud dengan reproduksi, fertilisasi dan konsepsi. Selain untuk menghindari kehamilan yang tak diinginkan, hal ini juga akan menghindarkan anak Anda dari penularan penyakit.

2. Kontrasepsi dan birth control: penting disampaikan apa yang dimaksud dengan alat kontrasepsi dan fungsinya. Dengan demikian, remaja akan dapat mengambil keputusan dalam kehidupan seksualnya.

3. Hubungan: Anda juga perlu memberi informasi tentang apa yang disebut cinta, pernikahan dan segala yang berhubungan dengan kegiatan bersama lawan jenis.

Well, lewat artikel ini, apakah Anda sudah mulai punya gambaran bagaimana memberikan pendidikan seks untuk remaja-remaja Anda. Selamat mencoba!

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading