Sukses

Parenting

Penyebab Hilangnya Gairah Seksual

Tidak semua orang memiliki nafsu atau gairah untuk melakukan hubungan intim. Bila tidak adanya nafsu ini terjadi karena faktor usia yang sudah menua maka itu bukanlah sebuah masalah melainkan hal yang normal saja. Tapi bagaimana jika hal tersebut terjada pada masa dimana anda seharusnya memiliki nafsu yang menggebu-gebu untuk bercinta? Yaps, hal itu merupakan masalah yang biasa disebut dengan istilah frigiditas atau kurangnya gairah untuk bercinta.

Penyebab dari frigiditas ini bisa dibedakan menjadi dua macam. Sebagaimana dikutip dari nativeremedies.com mengatakan bahwa frigiditas bisa disebabkan oleh faktor emosi dan faktor fisik. Hubungan seksual sangatlah kompleks, hal ini dikarenakan ketika seorang ingin melakukan hubungan intim, maka hal itu tidak bisa begitu saja terjadi. Harus ada emosi yang terbentuk antara kedua pasangan, ada rasa saling mencintai, saling menjaga dan rasa aman.

Hilangnya keterikatan emosi itu sendiri bisa disebabkan oleh masalah diantara pasangan. Misalnya kurangnya komunikasi, trauma karena kekerasan yang dilakukan pasangan, kurang percaya diri, takut akan kehamilan atau faktor lainnya yang menimbulkan rasa takut untuk melakukan hubungan intim.

Kadang kala hilangnya nafsu seksual juga disebabkan oleh faktor fisik, seperti kelelahan, insomnia, infeksi pada alat kelamin, pengaruh alkohol atau obat-obatan dan hal lainnya yang mengurangi nafsu seksual secara biologis.

Kedua faktor diatas seringkali dilupakan dalam hubungan sebuah pasangan, sehingga apabila salah satu pasangan mengalami frigiditas maka pasangan satunya akan menyalahkannya secara sepihak. Alangkah baiknya jika ditelusuri dulu penyebabnya lalu selesaikan masalah dengan menghilangkan penyebab tersebut.

Oleh: Muhammad Hilmy

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading