Sukses

Parenting

Pertumbuhan Embrio di Minggu Ke Tujuh

Moms, tahu gak kalau saat kandungan berusia lebih dari 6 minggu, bayi masih dinamakan embrio? Belum bisa disebut sebagai janin (fetus), Moms, karena penampilan fisiknya masih mirip embrio hewan mamalia lain. Bagaimana pertumbuhan embrio di minggu ke tujuh?

Menurut wikipedia.org, saat embrio berumur 7 minggu, ukuran panjangnya sudah mencapai 9 mm. Jadi, lebih panjang jika dibandingkan ukuran embrio di minggu ke 4, 5, atau 6, yang hanya sekitar 5-7 mm.

Organ yang sudah tumbuh adalah rudimental mata. Rudimental mata pada embrio berusia 7 minggu lebih berkembang jika dibandingkan embrio yang berusia kurang dari 7 minggu.

Saat embrio berusia 7 minggu, lensa dan cekungan optik, yang kelak menjadi retina, bisa lebih terlihat. Lubang hidung dan kontur hidung semakin berbentuk. Bakal organ pencernaan juga lebih bisa diamati.

Tak hanya organ-organ penginderaan, dan pencernaan, tapi sistem saraf pusat pada embrio berusia 7 minggu juga lebih berkembang. Otak pada embrio sudah terbagi menjadi 5 vesikel, dan Telenchepalon bentuk awal pada otak bisa terlihat.

Oleh: Sahirul Taufiqurahmn

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading