Sukses

Parenting

Pembentukan Ginjal Pada Embrio

Moms, ketika kandungan berusia 7 minggu, banyak organ yang sudah tumbuh dan lebih mendekati sempurna jika dibandingkan kondisi pertumbuhan embrio di minggu-minggu sebelumnya.

Salah satu organ vital embrio yang tumbuh di usia 7 minggu adalah ginjal.

Menurut wikipedia.org, saat embrio berusia 7 minggu (sekitar 49 hari), ginjal sudah berada pada tahapan metanefros. Di tahapan ini, bakal uretra melekat dengan kloaka. Bakal ureter sudah mulai terbentuk, dan sel glomerulus mencapai tahapan akhir pertumbuhannya.

Meski begitu, percabangan uretrik dan nefronik baru terbentuk saat minggu 32 hingga 36 gestasi. Dengan kata lain, pertumbuhan organ ginjal embrio sudah mencapai fase akhir, tapi belum sepenuhnya dewasa. Ginjal akan tumbuh menjadi jaringan yang lebih dewasa di saat setelah kelahiran.


Yang perlu Moms ketahui juga, Selama di dalam kandungan sistem ekskresi embrio tergantung sepenuhnya pada ibu. Ginjal berfungsi sepenuhnya ketika embrio menjadi janin saat usianya sekitar 12 minggu.

Jadi, Moms, embrio yang berusia 7 minggu sudah mulai memiliki sistem eksresi urin. Ditunjukkan dengan pertumbuhan ginjal yang sudah memasuki fase akhirnya.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading