Sukses

Parenting

Pembentukan Mata pada Embrio

Moms, saat kandungan berusia 7 minggu, wujudnya berupa masih dalam bentuk embrio. Jika di minggu-minggu sebelumnya embrio belum berwujud seperti makhluk hidup, di minggu ke tujuh, organ primitif embrio sudah jauh lebih berkembang.

Seperti yang dituliskan di wikipedia.org, Moms. Hidung, mata, kaki, dan tangan, serta bakal ginjal bisa diamati jika embrio berusia 7 minggu. Tapi, di artikel kali ini, kita akan secara khusus membahas perkembangan mata embrio.

Saat embrio berusia 4 minggu, rudimental mata memang bisa diamati. Tapi, cekungan optik dan bakal lensa mata tumbuh dengan baik sat embrio berusia 7 minggu.

Cekungan optik adalah sebuah tonjolan pada vesikel optik yang menebal dan membentuk 2 strata sel. Nantinya, ke dua strata sel itu saling menumpuk dan membentuk pupil.

Bakal lensa, seperti namanya, adalah bentuk primordial lensa. Bakal lensa ini bersifat biphasic (terdiri dari 2 lapisan) dan asymptotik (tidak cembung sempurna). Kelak, seiring dengan pertumbuhan bayi, sel tersebut tumbuh menjadi lensa mata yang sebenarnya

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading