Sukses

Parenting

Organ Apa Saja Yang Sudah Tumbuh?

Moms, kehamilan itu ditandai dengan terjadinya 3 fase, yaitu pembuahan, implantasi dan embriogenesis (pertumbuhan Mudigah).
Pembuahan, dan implantasi terjadi pada minggu pertama hingga ke tiga. Sesudah itu, sel hasil pembuahan menjadi embrio.

Sebenarnya, Organ vital (organ pernafasan, kardiovaskular, dan pencernaan) pada embrio sudah menunjukkan pertumbuhannya sejak minggu ke tiga.

Tak hanya organ vital, rudimental mata, telinga dan hidung sebenarnya juga sudah dimulai sejak embrio berusia 3 minggu. Di usia 5 minggu, pertumbuhan organ-organ tersebut semakin sempurna.

Tak hanya itu pertumbuhan organ, Moms, pada usia lima minggu, proses pembentukan wajah pada embrio semakin membaik, sehingga konturnya semakin jelas.

Menurut clevelandclinic.org, pertumbuhan yang paling penting di minggu ke lima masa kehamilan adalah pergantian jaringan tulang rawan (cartilage) dengan jaringan tulang.

Kalsium dan garam fosfor mulai melapisi jaringan tulang rawan pada embrio. Hal ini menandakan terjadinya pertumbuhan pada jaringan tulang embrio.

Jadi, di minggu ke lima, pertumbuhan organ-organ embrio semakin sempurna, dan jaringan tulang rawan pun semakin diperkuat dengan adanya deposit kalsium dan garam fosfor.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading