Sukses

Parenting

Apa Yang Terjadi Pada Embrio di Minggu ke Lima?

Moms, apakah Anda mengetahui kalau janin tidak terbentuk sebelum usia kehamilan melewati minggu ke-enam? Kalau begitu, sebelum minggu ke enam, bayi manusia berbentuk apa ya?

Di minggu ke 3 hingga ke-enam, hasil pembuahan masih berbentuk embrio, Moms. Embrio yang terbentuk pun belum menyerupai manusia dan masih mirip dengan embrio hewan mamalia lainnya.

Di artikel ini kita akan membahas secara khusus perkembangan embrio yang sudah berusia 5 minggu.

Menurut babycentre.co.uk, embrio yang berusia 5 minggu sudah memiliki organ-organ yang cukup berkembang. Hanya saja, penampilan embrio itu sendiri tidak mirip manusia.

Perpanjangan tulang belakang yang nampak seperti ekor masih terlihat. Leher juga belum tumbuh dengan baik, sehingga kepala dan tubuh masih tampak menyatu. Di minggu ke lima ini juga, detak jantung embrio sudah bisa dideteksi dengan menggunakan ultrasonik.

Yang perlu Moms catat adalah, embrio yang berusia 5 sampai 6 minggu sangat rawan terserang penyakit, dan terpengaruh obat-obatan. Penyakit dan obat-obatan yang tidak dianjurkan bagi Ibu mengandung bisa mempengaruhi pertumbuhan embrio, dan menyebabkan pertumbuhan abnormal.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading