Sukses

Parenting

Bagaimana Kondisi Kandungan di Minggu ke Sembilan?

Moms, saat usia kandungan menginjak 9 minggu, fase embrio akan segera ditinggalkan dan kandungan akan memasuki fase yang lebih dewasa, yaitu janin.

Karena itu, banyak aktivitas kehidupan yang bisa dideteksi di mingu ini.

Menurut parents.com, aktivitas otak bisa dideteksi ketika embrio berusia 9 minggu. Adanya gelombang otak menunjukkan adanya aktivitas berpikir.

Meski aktivitas berpikir sudah dilakukan, tapi jangan kaget ya, Moms. Ukuran embrio masih sebesar jari kelinking kaki. Masih sangat kecil, kan?

Selain adanya gelombang otak, gerakan-gerakan pada embrio juga bisa terdeteksi. Pergerakan pada embrio mungkin karena pertumbuhan sendi dan organ gerak semakin mendekati sempurna di minggu ini. Siku, lutut, persendian, semuanya sudah terlihat dengan jelas di minggu ke sembilan.

Bahkan, kuku jari kaki juga tumbuh sejak minggu ke sembilan.

Meski gonad (organ reproduksi) kandungan sudah tumbuh di minggu ke sembilan, tapi jenis kelamin kandungan belum bisa ditentukan. Organ reproduksi kandungan bisa diamati 8 atau 9 minggu sesudahnya, yaitu saat usia kandungan 18 minggu. Jadi, Moms tak usah buru-buru ingin mengetahui jenis kelamin si kecil.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading