Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang Janin di Minggu 19

Moms, ketika janin berusia 19 minggu, berarti kandungan sudah melewati trimester pertama. Mau tahu perkembangan si kecil di saat itu?

Menurut wikipedia.org, di minggu ke 19, panjang janin kira-kira 20 cm. Pertumbuhan ini disebabkan karena rangka tubuh janin juga bertumbuh, Moms. Semakin mengerasnya tulang dari minggu ke minggu menunjukkan bahwa janin sudah bisa mengolah kalsium dan memakainya untuk pertumbuhan tulang.

Selain itu, jaringan kulit janin juga mengalami pertumbuhan di mingu ke 19. Lanugo, atau rambut halus, tumbuh di sekujur permukaan kulit janin. Lanugo berfungsi melindungi kulit dari air ketuban, karena memang kulit manusia tidak mampu beradaptasi untuk berada di dalam cairan dalam waktu yang lama. Tapi, lanugo akan berangsur hilang ketika janin dilahirkan.

Tak hanya lanugo, Moms. Rambut pembentuk kontur wajah, seperti alis dan bulu mata kini sudah bisa terlihat pada mata janin, meski kelopak matanya belum bisa terbukan.

Gerak janin juga lebih aktif lho, Moms. Di usia kandungan yang ke 19 minggu, janin mampu melakukan gerakan spontan-spontan. Biasanya gerakan itu dipengaruhi dari apa yang didengarnya.

Jadi, janin mengalami tumbuh kembang yang signifikan saat kandungan Moms berusia 19 minggu.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading