Sukses

Parenting

Pertumbuhan si Kecil di Minggu ke 18

Moms, jika Moms membaca artikel ini, berarti usia kandungan Moms sudah menginjak atau akan mencapai usia 18 minggu, dan Moms sedang penasaran bagaimana pertumbuhan si kecil. Bukan begitu, Moms? Kalau tidak, tetap saja kan Moms tertarik mengetahui perkembangan janin dari minggu pertama hingga minggu terakhir.

Menurut baby2see.com, saat janin berusia 18 minggu, maka kulitnya akan mengalami perubahan. Jaringan lemak mulai tumbuh di bawah jaringan kulit. Bulu halus (Lanugo) dan Vernix kini sudah menutupi kulit si kecil. Tujuannya adalah untuk melindungi kulit selama terpapar air ketuban.

Tak hanya petumbuhan jaringan kulit, Moms. Sistem saraf pusat janin yang berusia 18 minggu di dalam kandungan juga sudah tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan mulai bereaksinya janin terhadap suara. Di laman yang sama bahkan dituliskan kalau janin menunjukkan ekspresi kaget saat terekspos suara keras.

Janin pun tak hanya aktif bergerak sepanjang waktu. Kini janin mulai menjadwalkan waktu beristirahat di dalam agendanya. Si kecil bahkan sudah memiliki posisi tidur paling favorit lho, Moms!

Jadi, minggu ke 18 adalah saat di mana janin semakin dewasa dan semakin mempersiapkan diri untuk dilahirkan.

Menarik kan, Moms?

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading