Sukses

Parenting

Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Moms, saat janin menginjak usianya yang ke 17 minggu, sebenarnya apa sih yang terjadi? Perkembangan apa saja yang sudah dialami oleh janin? Kalau Moms penasaran, lanjutkan membaca, ya.

Menurut baby2see.com, ketika usia kehamilan 17 minggu, usia janin berarti 15 minggu, karena hasil pembuahan dianggap sebagai sebuah organisme setelah melewati tahapan zygote (2 minggu pertama kehamilan). Di usia itu, janin sudah memiliki berat sekitar 150 gram, dan panjang sekitar 23 cm. Panjang 23 cm itu diukur jika bayi berada dalam posisi tegak, Moms. Kalau dalam posisi menekur, panjangnya hanya sekitar 14 cm.

Selain bertambahnya berat dan panjang tubuh janin, pertumbuhan saraf optiknya juga kian membaik. Meski kelopak mata tidak akan terbuka hingga nanti di bulan ke tujuh usia kehamilan, tapi retina janin sudah sensitif terhadap rangsangan cahaya.

Tak hanya itu, Moms. Janin kini sudah memiliki jaringan lemak. Jaringan lemak itu terletak di bawah kulit janin, dan digunakan sebagai sumbre nutrisi tambahan serta menjaga suhu tubuh ketika lahir nanti.

Jadi, kini janin jauh lebih bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading