Sukses

Parenting

Bagaimana Pertumbuhan si Kecil?

Moms, setelah kandungan Moms berusia lebih dari 20 minggu, berarti tinggal setengah jalan lagi, dan janin siap dilahirkan. Rasanya pasti menyenangkan bagi Moms.

Tak heran, Moms juga semakin penasaran tentang tumbuh kembang si kecil dan apa saja yang sudah dilaluinya. Di artikel ini, kita akan membahas pertumbuhan si kecil ketika usia kandungan sudah mencapai minggu ke 23.

Kenapa minggu ke 23?

Menurut baby2see.com, minggu ke 23 adalah saat yang istimewa bagi bayi karena kemampuan pengindraannya sudah berfungsi dengan baik. Janin mampu mendengar dengan sangat baik, sehingga percakapan yang Moms lakukan, dan kata-kata dari suara orang terdekat bisa dikenali oelh janin. Karena semakin sensitif, janin pun juga peka terhadap suara yang keras.

Selain pendengaran, kesadaran spasial dan kemampuan motorik janin juga tumbuh dan berfungsi dengan baik. Karena kini telinga janin sudah terbentuk sempurna, organ keseimbangan yang ada di dalamnya pun sudah bisa digunakan.

Di minggu ke 23 janin bisa brgerak dan merasakan posisinya. Janin bisa mengenali apakah dia sedang berada di posisi terbalik atau tidak.

Kemampuan motorik janin ditunjukkan dengan keberhasilannya menghisap jempol. Aktivitas itu, Moms, sebenarnya untuk melatih otot-otot pernafasan janin, sehingga berfungsi dengan baik ketika kelak dilahirkan.

Jadi, pertumbuhan janin memang menakjubkan, bukan?

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading