Sukses

Parenting

Perkembangan Janin di Minggu ke 21

Moms, selamat ya! Sekarang kandungna Moms sudah melewati setengah jalan masa kandungan. Mau tahu perkembangan apa saja yang dialami sis kecil?

Menurut webmd.com, janin di minggu ke 21 mengalami pertambahan panjang dan berat. Panjang janin dari kepala hingga kaki bisa mencapai 7,2 inci (sekitar 21,6 cm) dan memiliki bobot 10,5 ons.

Sejak minggu ke 21 ini, pertumbuhan janin melambat. Perbedaan berat dan panjang dari minggu ke minggu tidak terlalu drastis. Alasannya, Moms, janin mengerahkan tenaganya untuk pertumbuhan organ dalam.

Di laman yang sama, dituliskan bahwa energi janin dipakai sepenuhnya untuk mendewasakan sel-sel pada organ pencernaan. Jadi, sistem pencernaan si kecil bisa segera berfungsi, Moms.

Selain itu, lapisan seperti lilin bernama vernix caseosa muncul dan melapisi kulit janin. Lapisan itu diproduksi oleh kelenjar minyak guna melindungi kondisi kesehatan kulit janin.

Yang perlu Moms ketahui juga, adalah tonjolan-tonjolan di gusi janin mulai tumbuh di minggu ke 21. Kelak, tonjolan itu akan menjadi gigi janin.

Ternyata perkembangan si kecil di minggu ke 21 sudah hampir mendekati sempurna ya, Moms.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading