Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin di Minggu ke 24

Moms, minggu ke 24 berarti Moms sudah melewati setengah masa mengandung si kecil. Sebentar lagi, Moms akan mengalami masa paling bahagia, yaitu melahirkan si kecil ke dunia. Makanya, Moms perlu tahu bagaimana pertumbuhan si kecil di dalam sana.

Menurut baby2see.com, pertumbuhan janin terjadi pada sistem pernafasan, berat dan panjang tubuh, dan sistem motorik janin.

Di minggu ke 24, paru-paru janin tumbuh dengan baik, Moms. Alveoli sudah tumbuh, dan percabangan di dalam paru-paru pun bertambah.

Selain itu, muncul juga surfaktan yang melindungi paru-paru. Cairan surfaktan muncul mentupi permukaan paru-paru dan berfungsi memudahkannya untuk mengembang dan mengempis. Jadi, surfaktan ini berfungsi layaknya pelumas bagi sel pada paru-paru ketika meregang (saat menarik nafas) lalu mengerut (saat menghembuskan nafas).

Berat badan si kecil di minggu ke 24 mencapai 600 gram, dan panjangnya sudah sama dengan penggaris 30 cm. Kini, janin lebih siap untuk menghadapi dunia luar.

Pertumbuhan pada jaringan otot janin terus dilanjutkan hingga nanti janin dilahirkan. Tapi, fokus pertumbuhan ada pada bagaimana cara menggunakan otot-otot tersebut. Janin yang berusia 24 minggu di dalam kandungan memiliki kemampuan koordinasi otot yang jauh lebih baik daripada janin yang berusia lebih muda.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading