Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin di Minggu ke 23

Moms, minggu ke 23 itu mendekati akhir trimester ke dua, lho. Selamat ya, Moms! Sebentar lagi janin sudah semakin dewasa dan siap menuju ke dunia luar.

Oleh karena itu, sepatutnya Moms mengetahui bagaiamana pertumbuhan janin.

Menurut baby2see.com, ketika usia kandungan mencapai minggu ke 23, bobot si kecil adalah sekitar 550 gram dan memiliki panjang sekitar 33 cm.

Rupa fisik si kecil kini lebih mendekati bayi dewasa. Alis dan bulu mata sudah tumbuh, dan kontur wajah janin terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan janin yang masih berusia belasan minggu.

Selain itu, otak janin kini bisa berfungsi dengan baik. Kesadaran motorik dan spasial janin berkembang dengan sangat baik.

Janin bisa menghisap jempolnya sendiri. Kelihatannya sepele, Moms. Tapi, untuk menghisap jempol, ebenarnya dibutuhkan kemapuan mengendalikan otot dada. Mengkontraksikan otot dada dan merelaksasikan otot diafragma adalah hal yang dilatih oleh si kecil. Dengan menghisap jempol, janin berlatih untuk bernafas/

Kesadaran spasial janin ditunjukkan dengan kemampuannya menyeimbangkan tubuh. Pertumbuhan organ keseimbangan di dalam telinga membantuk janin untuk bisa mengenali posisinya. Janin bisa mengetahui apakah dia sedang berasa dalam posisi terbalik atau tegak.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading