Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang Janin di Minggu ke 27

Moms, minggu ke 27 adalah awal minggu di trimester ke tiga. Saat Moms melewati trimester terakhir ini, janin sudah siap dilahirkan. Apa yang Moms rasakan? Pasti banyak, dan salah satunya adalah rasa penasaran.

Saat kandungan Moms berusia 27 minggu, si kecil memiliki kemungkinan selamat yang lebih tinggi daripada janin pada usia kandungan yang lebih muda.

Menurut baby2see.com, jika janin lahir prematur, 80 persen si kecil bisa hidup dan melewati masa kritis. Sedangkan janin dengan usia kandungan 25 minggu hanya memiliki kemungkinan 50 persen. Hanya dalam 2 minggu, kemungkinan itu meningkat hingga 20 persen. Berita bagus kan, Moms?

Naiknya persen kemungkinan itu karena janin tumbuh dan berkembang dengan baik di minggu ke 27. Janin kini memiliki berat sekitar 875 gram dan panjang 36,5 cm. Kepala janin juga memiliki ukuran yang lebih proporsional, yaitu berdiameter 7 cm.

Selain itu, tumbuh kembang janin kini terpusat pada penyempurnaan kemampuan pengindraannya. Kelopak mata janin terbuka di akhir minggu ke 26, dan sering membuka dan menutup di pertengahan mingu ke 27 dan seterusnya.

Syaraf optik janin juga sudah berfungsi lho, Moms. Kini janin akan menghadap membelakangi rahim saat ada cahaya terang mengenai perut Moms.

Kemampuan Janin untuk mendengar pun semakin sempurna. Pembicaraan Moms, suara orang terdekat, dan suara-suara yang sering didengar janin sudah bisa diolah oleh otak janin.

Jadi, itulah tumbuh kembang janin saat kandungan Moms berusia 27 minggu.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading