Sukses

Parenting

Pertama Kalinya Janin Melihat Dunia

Selamat ya, Moms! Usia kandungan Moms sudah sampai pada trimester ke tiga. Itu berarti, sebentar lagi janin akan meninggalkan rahim dan menuju pelukan Moms.

Di awal trimester ini, ada hal penting yang perlu Moms ketahui, yaitu si kecil sudah bisa menggunakan indra penglihatannya!

Seperti yang dilansir dari laman baby2see.com, Moms. Kelopak mata janin terbuka saat minggu ke 26 berakhir dan mengawali minggu ke 27.

Syaraf optik pada mata kini sudah peka terhadap cahaya, dan mampu meresponnya. Jika Moms memaparkan cahaya yang terang ke perut Moms, sangat mungkin bagi janin untuk bergerak membelakangi cahaya tersebut. Si kecil kini bisa merespon cahaya! Berarti sedikit banyak dia sudah bisa melihat untuk pertama kalinya.

Tapi, Moms juga perlu tahu bahwa retina janin belum berkembang dengan baik. Bahkan pertumbuhannya baru dimulai pada minggu ke 27 ini. Jadi, janin belum bisa mendapatkan pencitraan atau penggambaran objek di sekitar dari cahaya yang masuk ke matanya.

Sleain itu, Moms. Otak si kecil tumbuh dengan pesat. Tak hanya kemampuan menglihatnya yang menjadi lebih baik, tapi juga kemampuan janin untuk mendengar dan merasakan sentuhan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading