Sukses

Parenting

Apa Yang Terjadi Pada Janin di Minggu 26?

Moms, sekarang kita sampai pada minggu ke 26. Tak terasa kini usia kandungan Moms sudah melewati trimester ke dua, dan menginjakn trimester pertama. Pasti Moms penasaran kan, atas apa yang terjadi pada si kecil? Apa yang sudah bisa dilakukannya dan bagaimana kondisi pertumbuhannya?

Menurut situs baby2see.com, si kecil telah memiliki masa tubuh sekitar 760gr dan panjang 35.5cm. Pertambahan berat dan panjang tubuh itu membuat si kecil memiliki persen keselamatan yang lebih tinggi ketika lahir nanti.

Organ paru-paru janin juga sudah berkembang, Moms. Meksi alveoli dan pembuluh darah sudah ada di paru-parunya, tapi tidak terdapat oksigen di dalam rahim. Jadi, si kecil berlatih bernafas dengan menghirup air ketuban.

Kini pendengaran dan kepekaan si kecil terhadap sentuhan jauh lebih baik dari minggu sebelumnya, Moms. Si kecil sudah bisa merasakan sentuhan, dan usapan pada perut Moms. Hal ini mungkin karena sistem saraf pusat dan syaraf pada janin berfungsi dengan baik.

Karena otak janin berkembang dengan sedemikian bagusnya, tangannya pun lebih aktif bergerak. Gerakan mengepal dan menepukkan kedua tangan sering dilakukan janin. Dia juga menyentuh muka dan hal lain didekatnya untuk merasakan sensasi sentuhan. Mungkin saja janin penasaran bagaimana bentuk hal-hal di luar dirinya.

Moms juga perlu tahu nih, kalau di mingguy ke 26, kelopak mata si kecil mulai terbuka. Jadi, bertambah satu lagi indra si kecil.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading