Sukses

Parenting

Pertumbuhan si Kecil di Minggu ke 27

Moms, kini usia kandungan Anda sudah 2/3 dari keseluruhan masa mengandung. Bagaimana perasaan Moms? Gembira, khawatir, pasti semua jenis perasaan bercampur hingga Moms sulit untuk membedakannya. Tapi, pasti Moms merasakan rasa penasaran.

Semakin dekat dengan kelahiran si kecil, sangat lumrah jika Moms semakin ingin tahu bagaimana rupa fisik si kecil, sudah seberapa besar, dan pertumbuhan apa yang dialami si kecil. Oleh karena itu, kita akan membahasnya, Moms.

Menurut baby2see.com, janin yang berada di dalam kandungan selama 27 minggu memiliki bobot kurang lebih 875 gram dan panjang sekitar 36,5 cm. Kini si kecil sudah memiliki berat hampir 1 kg dan panjang lebih dari penggaris 30 cm. Sudah semakin mendekati proporsi fisik bayi ya, Moms.

Wajah si kecil kini semakin terlihat sempurna, Moms. Alis, bulu mata, dan rambut sudah tumbuh pada wajah da kepala janin. Kulit tak tampak sekurus dulu, dan kontur badan dipertegas dengan pertumbuhan jaringan otot.

Kemampuan berpikir janin juga bertambah lho, Moms. Otaknya tumbuh dengan pesat di minggu ke 27. Janin mampu mengenali suara di luar rahim, mengatur keseimbangan tubuhnya, merasakan hal di sekitarnya dengan sentuhan, dan peka terhadap cahaya. Kalau perut Moms terpapar sinar yang terang, kini janin akan bergerak menghindarinya.

Dengna pertumbuhan yang cepat seperti itu, di laman yang sama dituliskan bahwa janin memiliki kemungkinan selamat 80 persen jika lahir prematur.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading