Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin di Minggu ke 28

Moms, janin sekrang sudah berada di dalam kandungan selama 28 minggu. Perkembangannya pun terjadi dengan sangat cepat. Dari fase zygote, embrio hingga janin, semua telah dijalani oleh si kecil di dalam rahim Moms.

Perubahan bentuk fisik janin juga terjadi secara drastis. Dari yang semula tampak tak ubahnya organisme sel tunggal, menjadi gumpalan sel, lalu organisme kecil, dan yang terakhir berwujud bayi manusia. Di minggu ke 28 janin tampak seperti apa ya?

Dilansir dari laman baby2see.com, diketahui bahwa janin yang berusia 28 minggu sudah berwujud bayi manusia. Ekor yang dulu dimiliki embrio ketika usia kandungan hanya belasan minggu hilang selamanya. Proporsi anatomi janin juga semakin membaik. Ukuran kepalanya tak lebih besar dari badannya, dan kaki janin pun tak lebih panjang dari tangannya.

Alis, bulu mata, dan rambut tumbuh pada wajah dan kepala janin. Meski rambut mulai tumbuh di minggu sebelumnya, tapi di minggu ke 28 ini rambut tampak lebih menutupi kulit kepala si kecil.

Gigi susu pun tumbuh pada gusi mungil si kecil, Moms. Semua ini berkat pertumbuhan jaringan tulang dan otot pada si kecil, yang didukung dari asupan protein serta kalsium dari Moms.

Janin juga sudah memiliki indra yang hampir lengkap. Indra perasa, penglihatan, pendengaran bisa berfungsi dan digunakan oleh janin. Dia bisa mengenali suara-suara di luar rahim, dan mengetahui perbedaan di antara suara itu. Si kecil pun kini bisa peka terhadap cahaya, meski retina baru saja terbentuk.

Menarik ya, Moms?

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading