Sukses

Parenting

Perkembangan Janin di Minggu ke 29

Moms, sejak melewati trimester ke dua, bagaimana perasaan Anda? Pasti banyak yang Moms rasakan, dan salah satunya adalah penasaran akan perkembangan janin di dalam rahim Moms.

Menurut baby2see.com, janin di dalam kandungan yang berusia 29 minggu memiliki berat sekitar 1150 gram dan panjang 15 inchi, sekitar 38,5 cm.

Jaringan otot dan syaraf janin semakin mendekati kesempurnaan. Pertumbuhan jaringan otot ditunjukkan dengan semakin mantapnya janin menendang. Tak hanya menendang lho, Moms. Janin sebenarnya juga sering melakukan peregangan, sehingga sendi-sendinya terlatih untuk digunakannya kelak ketika lahir.

Pertumbuhan syaraf pada janin memungkinkannya untuk menggunakan organ pendengaran dan penglihatan dengan lebih baik. Kini, janin bisa membedakan suara manusia dengan suara-suaran lainnya. Dipercaya, janin pun bisa membedakan suara Moms dari suara orang lain.

Selain itu, di laman yang sama dituliskan kalau janin bisa membedakan cahaya buatan dari cahaya matahari. Retina dan syaraf optik janin tumbuh dan berkembang lebih baik, memungkinkan ke dua bola matanya untuk megnikuti arah cahaya yang dikedipkan ke permukaan perut Moms.

Jadi, minggu ke 29 adalah saat di mana janin tumbuh semakin sempurna dan siap untuk Moms lahirkan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading