Sukses

Parenting

Pesatnya Pertumbuhan Janin

Moms, tak terasa tinggal 10 minggu lagi, dan janin pun siap untuk dilahirkan. Pasti Moms menyadari betapa cepat dan drastinya perubahan yang terjadi pada kandungan Moms.

Di minggu-minggu awal, kandungan hanya berupa sel, lalu gumpalan sel, embrio, barulah di tahapan terakhir berwujud janin. Hanya dalam hitungan minggu, organ baru muncul, wujud si kecil berubah, dan sistem metabolisme pun berfungsi.

Di Minggu ke 30, hal yang sama pun terjadi.

Menurut baby2see.com, bobot janin mencapai 1,4 kg, dan panjangnya sudah sekitar 40 cm. Padahal, di minggu sebelumnya janin hanya memiliki berat 1,15 kg dan panjang 38,5 cm. Sekarang, pasti si kecil semakin merasa kesempitan berada di dalam kandungan Moms.

Selain itu, kehidupan janin juga semakin memisahkan diri dari ketergantungannya terhadap asupan nutrisi dari plasenta dan uri. Sel darah merah sudah diproduksi secara mandiri oleh sumsum tulang. Kini, si kecil sudah bisa menyimpan asupan zat besi, fosfor, dan kalsium. Tak hanya itu, Moms. Si kecil kini bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Hebat ya, Moms?

Penampilan fisik janin pun berubah. Pada janin laki-laki, kelenjar testisnya mulai turun ke daerah selangkangan, ke tempat yang seharusnya. Kulit janin juga terlihat lebih halus, tidak keriput seperti saat di minggu-minggu yang lalu.

Jadi, kurang 10 minggu lagi dan janin siap berpindah ke pelukan Moms!

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading