Sukses

Parenting

Perkembangan Janin di Minggu ke 31

Hi, Mom, bagaimana kondisi kandungan Moms? Semoga baik-baik saja di dalam sana.

Yang tidak baik-baik saja pasti adalah Moms. Tentunya perasaan waswas, gelisah, dan khawatir serta penasaran mewarnai hati Moms. Bagaimana tidak? Sebentar lagi Moms akan mengakhiri trimester ke 3 dan mengakhiri masa mengandung. Makanya, sepatutnya Moms mengetahui bagaimana perkembangan janin selama ini agar Moms tidak khawatir dan penasaran lagi.

Menurut baby2see.com, saat usia kandungan Moms mencapai umur 31 minggu, berat janin sekitar 1,6 kg dan panjangnya 42 cm. Jaringan otot dan tulang janin melanjutkan pertumbuhannya, sehingga janin pun bertambah berat dan panjang.

Di minggu yang sama, paru-paru dan organ pencernaan janin juga mengalami penyempurnaan. Alveoli pada paru-paru memiliki kondisi yang lebih baik, dan demikian juga dengan sistem pencernaan janin, karena sel darah merah sudah diproduksi secara mandiri oleh sumsum tulang janin.

Selain itu, Moms, kini organ penglihatan janin berfungsi lebih baik. Jika sebelumnya mata tidak bisa mengatur cahaya yang masuk, sekarang iris sudah terbentuk dan bisa mengatur banyak sedikitnya intensitas cahaya yang masuj ke mata. Jika cahaya sangat terang, dan butuh dikurangi intensitasnya, iris berkontraksi, jika sebaliknya, berdilatasi.

Jadi, janin mengalami penyempurnaan dan perkembangannya pun tidak berhenti hingga nanti dia dilahirkan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading