Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang si Kecil di Minggu ke 30

Moms, bagaimana kondisi Moms sekarang? Sudah lebih dari 7 bulan Moms mengandung. Meski banyak sekali yang Moms rasakan, dari rasa khawatir, gembira, hingga gelisah, pasti ada rasa penasaran di antaranya. Oleh karena itu, kita akan membahas tumbuh kembang si kecil di minggu ke 30 agar Moms bisa mengetahui bagaiman keadaan janin di dalam rahim Moms.

Menurut baby2see.com, janin kini memiliki berat sekitar 1,4 kg dan panjang 40 cm. Diameter lingkar kepala janin pun lebih proporsional, yaitu berukuran kira-kira 8cm. Bertambahnya diamter kepala ini agar memudahkan sel otak untuk tumbuh dan bertambah.

Alis, bulu mata, rambut, semuanya sudah tumbuh dengan sempurna pada wajah dan kepala si kecil. Jaringan lemak membuat kulit janin tampak berisi dan tak keriput lagi.

Selain penampilan fisiknya, faal tubuh si kecil kini lebih mandiri dibandingkan minggu sebelumnya. Sel darah sudah diproduksi oleh sumsum tulang janin, dan seketika berfungsi untuk menghantarkan nutrisi serta zat buangan hasil metabolisme janin.

Kemandirian janin juga ditunjukkan dengan kemampuannya mengatur suhu tubuh. Hal ini sangat penting, Moms, terutama setelah nanti janin keluar dari rahim.

Jadi, janin yang berada di dalam kandungan selama 30 minggu mengalami penyempurnaan fisik dan kemandirian faal tubuh.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading