Sukses

Parenting

Penyempurnaan Organ Reproduksi Janin

Moms, saat usia kandungan mendekati akhir, jenis kelamin janin adalah hal yang penting untuk Moms ketahui.

Meski sudah bisa diketahui sejak Trimester ke dua, tapi pertumbuhan organ reproduksi janin di saat itu belum sesempurna ketika usia kandungan mencapai 32 minggu. Lalu, bagaimana sih proses penyempurnaannya?

Menurut baby2see.com, di minggu ke 32, bayi perempuan memiliki Miss V yang lebih lengkap bagian-bagiannya. Khususnya, klitoris terlihat jelas dan lebih mudah diamati.

Pada janin laki-laki, organ reproduksi yang pada trimester ke dua hanya berupa falus, kini akan dilengkapi dengan munculnya testikel. Sebenarnya, testikel sudah terbentuk di akhir trimester ke dua, tapi, masih berada di dekat ginjal sebelum turun menuju skrotum di minggu ke 32.

Pertumbuhan pada organ reproduksi itu membuat alat kelamin janin lebih sempurna, dan bisa berfungsi kelak ketika si kecil memasuki masa pubertas.

Jadi, Moms. Walaupun masih lama organ reproduksi si kecil memenuhi tujuan aslinya, proses penyempurnaannya sudah dimulai ketika kandungan berwujud embrio, dan berakhir saat menjadi janin berusia 32 minggu. Terjadi sejak sangat awal, bukan?

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading