Sukses

Parenting

Saat si Kecil Peka Terhadap Cahaya

Moms, dari artikel yang membahas perkembangan janin saat trimester ke dua, Moms pasti tahu kan kalau mata si kecil sudah mulai tumbuh sejak trimester ke 2, namun mulai terbuka pada trimester ke 3.

Pertumbuhan jaringan optik itupun terus berlanjut hingga nanti si kecil lahir ke dunia, Moms.

Sejak minggu ke 28, kelopak mata terbuka, namun syaraf optik dan pertumbuhan sel otak belum memungkinkan janin untuk bisa menggunakan matanya secara optimal.

Namun, adanya retina memungkinkan janin untuk bisa bereaksi terhadap cahaya yang sangat terang. Janin juga bisa menggerakkan matanya mengikuti arah cahaya yang dikedipkan pada permukaan perut Moms. Tapi, tanpa iris yang belum berfungsi, cahaya yang diterima belum bisa diterima sebagai impuls yang bisa dimengerti janin.

Di minggu ke 31, barulah mata berfungsi dengan optimal, Moms.

Seperti yang dilansir dari situs baby2come.com. Saat kandungan mencapai umur 31 minggu, janin bisa mengenali gelap dan terang.

Bagian iris pada mata bisa melakukan dilatasi dan kontraksi sesuai dengan kondisi cahaya yang diterima janin. Dan bagian itulah yang memungkinkan si kecil mengenali gelap terang. Jika terlalu terang, iris berkontraksi, dan jika terlalu gelap dan membutuhkan cahaya lebih, iris berdilatasi.

Jadi, Moms, mata janin sudah sempurna dan berfungsi secara optimal di minggu ke 31.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading