Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin di Minggu ke 32

Moms, sekarang usia si kecil sudah 32 minggu berada di dalam kandungan Moms. Dengan semua nutrisi ditambah kasih sayang dan kesabaran Moms selama itu, kira-kira bagaimana ya pertumbuhannya? Kalau Moms penasaran, lanjutkan membacanya, ya.

Menurut baby2see.com, janin yang berada di dalam kandungan selama 32 minggu memiliki berat badan sekitar 1,8 kg dan panjang 43 cm. Besar bayi semakin memadahi untuk menambah tingkat keselamatannya kelak ketika dilahirkan. Proporsi antara besar kepala, tubuh, panjang kaki dan tangannya pun membaik.

Lapisan jaringan lemak tumbuh di bawah kulit agar suhu tubuh janin bisa tetap normal.

Kuku pada jari kaki, dan tangan janin tumbuh dan bisa diamati dengan mudah di minggu ke 32.

Pada janin berjenis kelamin wanita, klirotis tampak lebih jelas. Sedangkan, pada pria, testikel yang semula berada di dekat ginjal, bergerak turun ke arah sktorum.

Selain semua perubahan yang terjadi pada fisik si kecil, kebiasaannya pun berubah. Dari situs yang sama dilansir bahwa janin menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Dengan tidur, pertumbuhan pun bisa berjalan dengan baik.

Jadi, Moms. Di minggu ke 32 si kecil tidak akan bergerak seaktif minggu-minggu sebelumnya, karena ukurannya semakin besar dan ruang kosong pada rahim yang semakin menyempit.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading