Sukses

Parenting

Perkembangan Kandungan di Minggu ke 34

Hi, Moms. Saat Anda membaca artikel ini, kemungkinan Anda sedang mengandung dan usianya sudah mencapai minggu ke 34. Kalau iya, selamat, Moms! Sebentar lagi si kecil tumbuh sempurna dan siap untuk meninggalkan rahim menuju kehidupan mandiri.

Tapi, sebelum itu terjadi, sepatutnya kita intip bagaimana perkembangan kandungan Moms selama ini.

Menurut baby2see.com, janin yang sehat dan mencapai minggu ke 34 memiliki berat sekitar 2,4 kg dan panjang46 cm. Kini, janin sudah tak terlalu kecil lagi, dan kemungkinannya untuk selamat jika lahir prematur juga semakin tinggi, meski komplikasi bisa saja terjadi.

Sejak awal trimester ke tiga, jaringan lemak tumbuh di bawah kulit janin. Di minggu ke 34, jaringan lemak tumbuh pada lengan dan kaki si kecil, membuat bagian-bgian itu lebih berisi dan tidak sekeriput sebelumnya.

Janin pun kini bisa mengendalikan otot kelopak matanya dengan lebih baik. Jika di minggu-minggu sebelumnya kelopak mata terbuka dan tertutup tanpa mengindikasikan janin istirahat atau tidak, di minggu ke 34, janin mulai beristirahat dengan mata tertutup, dan bergerak-gerak dengan mata terbuka.

Yang perlu Moms ketahui, janin kini memiliki rangka tulang yang kuat namun flesksibel. Jaringan tulang pada tengkorak sudah terbentuk sempurna, tapi belum menutup dan mengeras, agar memudahkan proses melahirkan.

Selain itu, di minggu ke 34 sangat mungkin bagi janin untuk berada dalam posisi terbalik, dengan kepala di bawah. Si kecil kini sudah ikut bersiap-siap untuk pristiwa besar 6 minggu lagi!

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading