Sukses

Parenting

Bagaimana Pertumbuhan Janin di Minggu ke 34?

Moms, ketika si kecil berada di dalam rahim Moms selama 34 minggu, pasti membuat Moms penasaran. Sebenarnya apa saja sih yang sudah dialami si kecil di dalam sana?

Dari situs baby2see.com, dilansir bahwa janin yang mencapai usia 34 minggu memiliki berat dan ukuran tubuh yang ideal dan adaptif. Ditaksir bahwa berat janin adalah sekitar 2,4 kg dan panjangnya 46 cm.

Lingkar kepala berukuran proporsional, tak lagi membuat kepala si kecil lebih besar daripada tubuhnya. Kaki juga tumbuh lebih panjang dari tangan, menambah kesempurnaan rupa si kecil.

Alis, bulu mata tumbuh di sekitar mata. Rambut pada kulit kepala pun tampak tumbuh lebih lebat dari minggu sebelumnya.

Lanugo, bulu halus pada kulit janin mulai berganti menjadi rambut, dan akan tetap demikian hingga nanti janin dilahirkan.

Berkembangnya otak janin membuatnya bisa mengenali kapan saat tubuhnya harus beristirahat, dan kapan saatnya bergerak aktif. Janin pun kini memejamkan mata di saat tidur, dan membuka mata di saat aktif.

Hanya saja, karena janin bertamabh besar, ruang gerak di dalam janin pun semakin terbatas, membuat frekuensi gerakan janin berkurang. Tapi, tendangan dan kontraksi otot si kecil terasa lebih tegas dan keras daripada dulu.

Jadi, banyak juga ya yang terjadi pada janin selama 34 minggu. Moms kini tahu bahwa si kecil pun semakin siap untuk bisa keluar dan menuju pelukan hangat Moms.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading