Sukses

Parenting

Pertumbuhan si Kecil di Minggu ke 34

Moms, pertumbuhan janin di dalam kandungan terjadi dengan sangat cepat. Hanya dalam 40 minggu, dan seorang manusia baru terbentuk degan sempurna.

Di minggu-minggu awal pun wujudnya hanya berupa segumpal sel dan di akhir trimester ke tiga (yang sudah dekat), janin berwujud seperti manusia mungil.

Tapi, sebelum trimester ke tiga ini berakhir, kita intip sedikit yuk pertumbuhan si kecil. Bagaimana pertumbuhannya saat usia kandungan mencapai minggu ke 34?

Dari laman baby2see.com, dilansir bahwa janin memiliki berat kurang lebih 2,4 kg, dan panjang 46 cm. Bertambah besarnya ukuran janin membuktikan suksesnya pertumbuhan jaringan otot dan tulang. Dengan begitu, janin pun memiliki kemungkinan selamat yang tinggi ketika nanti dilahirkan.


Di laman yang sama ditulsikan pula bahwa di minggu ke 34 keseluruhan organ vital janin sudah bisa berfungsi. Sistem pencernaan, peredaran darah, dan pernafasan berfungsi dengan baik.

Meskipun begitu, ekskresi padat dari sistem pencernaan masih berupa meconium. Janin pun belum menghirup udara saat bernafas, melainkan air ketuban.

Jadi, kini janin tumbuh dan semakin menyempurnakan organ-organ vitalnya agar ke tiga sistem tubuh tersebut mampu berfungsi lebih baik.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading