Sukses

Parenting

Perkembangan Janin di Minggu ke 36

Moms, minggu ke 36 berarti trimester ke tiga akan segera berakhir, dan proses melahirkan juga akan segera Moms alami. Munculnya individu baru untuk mewarnai kehidupan Moms dan pasangan, adalah saat bahagia yang dinanti-nantikan. Nah, selagi Moms menanti, tak ada salahnya kan untuk mengetahui bagaimana janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim?

Menurut baby2see.com, janin yang berada di dalam kandungan selama 36 minggu diperkirakan memiliki berat sekitar 2,7 kg dan terus bertambah 30 gram di setiap minggu berikutnya. Panjang tubuh janin kurang lebih mencapai 48 cm.

Dengan bertambahnya masa dan ukuran tubuh janin, ruang geraknya pun semakin berkurang. Gerak jungkir balik, dan melayang-layang tak mungkin lagi dilakukan oleh si kecil.

Gerakan si kecil pun hanya ditujukan untuk mempermudah proses kelahiran. Si kecil memposisikan kepala atau pantatnya sehingga berada lebih dekat dengan serviks (mulut rahim). Saat posisi itu tercapai, gerakan-gerakan yang dilakukannya hanyalah berpindah sisi, dar sisi ke kanan ke kiri, atau sebaliknya.

Jadi, Moms. janin yang berusia 36 minggu mungkin terasa kurang aktif, tapi sebenarnya dia sedang mempersiapkan diri untuk proses kelahiran nanti.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading