Sukses

Parenting

Akhir Trimester ke Tiga? Apa Yang Terjadi Dengan Janin?

Moms, usia kandungan sekarang sudah mencapai minggu ke-39. Hingga minggu selanjutnya, si kecil bisa keluar kapan saj lho, Moms.

Sambil menunggunya, sebaiknya kita intip sedikit bagaimana kondisi janin, dan apa saja yang terjadi padanya di minggu ke 39 ini.

Menurut baby2see.com, byi yang berada di dalam kandungan selama 39 minggu memiliki panjang tubuh rata-rata 51 cm, dan berat 3,4 kg. Masa dan ukuran tubuh terus bertambah hingga nanti si kecil dilahirkan.

Seiring dengan pertumbuhan si kecil, ruang gerak yang tersedia di dalam rahim pun semakin sempit. Janin sudah memposisikan dirinya mendekati serviks. Sedangkan, gerakan yang dilakukan bayi adalah menendang dan memukul-mukul dinding rahim, akan terasa oleh Moms di daerah pelvis.

Moms juga perlu mengethaui, bahwa mata si kecil sudah berfungsi dengan sempurna, menunjukkan syaraf optik yang sudah tumbuh dengan baik pula. Tapi, ternyata warna mata asli si kecil belum bisa dipastikan. Kebanyakan bayi Asia dan Afrika lahir dengan mata hitam keabu-abuan atau Cokelat. Tapi, warna itu akan berubah dan akhirnya tetap ketika si kecil berusia 6 bulan atau 1 tahun setelah persalinan.

Jadi, Moms, di minggu ke 39, pertumbuhan si kecil terpusat pada menambah berat badannya, dan warna mata pun bisa diamati jika si kecil lahir di minggu ini.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading