Sukses

Parenting

Saat si Kecil Mulai Siap

Moms, selamat ya! Usia kandungan Moms sudah berada pada trimester ke tiga, di minggu ke 37 pula. Tinggal 3 minggu lagi, dan janin bisa Moms lahirkan.

Sambil menunggu keluarnya si kecil, sebaiknya Moms membaca artikel ini dulu untuk mengetahui bagaimana kondisi janin di dalam rahim Moms.

Menurut baby2see.com, janin yang berada di dalam janin hingga minggu ke 37 sudah memiliki organ dalam yang tumbuh sempurna. Faal tubuh pun sudah berlangsung dengan baik, sehingga janin mampu bertahan ketika dilahirkan nanti.

Selain itu, penampilan fisik si kecil pun mendekati sempurna, Moms. Janin diperkirakan memiliki berat sekitar 3 kg, dan panjang 50 cm. Diameter kepalanya adalah 9 cm. Dengan mebandingkan angka-angka itu, bisa diketahui bahwa kepala janin kini tampak proporsional dengan diameter yang tidak melebihi panjang tubuh.

Moms ingat kan, kalau saat embrio, tubuh si kecil lebih kecil daripada lingkar kepalanya, sehingga penampilannya pun belum bisa disamakan dengan bayi manusia.

Kesiapan janin juga ditunjukkan dengan posisinya. Menginjak minggu-minggu akhir trimester ke tiga, janin bersiap-siap dengan menggerakkan kepalanya ke arah vulva. Atau bisa juga pantat yang mengarah ke vulva. Ke dua posisi itu bertujuan agar Moms mudah mengeluarkan si kecil dari rahim Moms.

Jadi, tak hanya Moms yang mempersiapkan kelahiran, ternyata si kecil pun turut membantu!

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading