Sukses

Parenting

Perkembangan Janin di Minggu ke 39

Moms, penasaran bagaiman janin Moms melewati minggu-minggu terakhirnya di dalam kandungan?

Menurut baby2see.com, si kecil kini sering berdandan. Lanugo, bulu halus yang menutupi kulitnya sudah sebagian banyak ditanggalkan, begitu pula dengan lapisannya.

Kulit janin juga tampak lebih menawan karena jaringan lemak tumbuh dengan baik di bawahnya, membuat penampilan si kecil menjadi montok dan berisi.

Janin tak lagi mengerahkan seluruh energi dan nutrisi untuk menyempurnakan pertumbuhan organ vital, karena semua sudah siap untuk berfungsi. Janin sudah memiliki sistem peredaran darah, pencernaan, dan pernafasan yang mandiri, meski paru-paru belum digunakan untuk menghirup oksigen dari dari udara.

Pertumbuhan si kecil difokuskan pada produksi jaringan lemak. Selain mempercantik penampilan, seperti yang dituliskan tadi, jaringan lemak ternyata berfungsi juga sebagai penjaga suhu tubuh bayi. Jaringan lemak membuat si kecil bisa tetap hangat ketika suhu udara lingkungan setelah persalinan nanti terasa dingin.

Jadi, Moms. di minggu-minggu terakhir menjelang persalinan, janin masih tumbuh, dan fokusnya adalah pada pertumbuhan jaringan lemak.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading