Sukses

Parenting

Nyeri pada Perut Bagian Bawah

Selamat datang trimester kedua. Memasuki minggu ke-13 kehamilan Bunda telah menjalani satu pertiga proses total. Kini, berada pada trimester kedua, keadaan fisik Bunda jauh lebih membaik. Serangan morning sickness yang menumbangkan semangat beraktifitas sudah jauh berkurang.

Meski begitu, keluhan masih timbul di minggu ini Bun. Ya, seperti dilansir oleh situs kidsport.com.au, ibu hamil di minggu ke-13 akan merasakan nyeri di perut bagian bawah. Hal itu merupakan sesuatu yang terbilang wajar.

Nyeri yang timbul dijelaskan sebagai akibat dari pembesaran ruang rahim seiring perkembangan janin. Ruang rahim yang melebar otomatis mendorong otot di sekitarnya tertarik mengembang.

Untuk mengurangi rasa nyeri yang mendera, Bunda dapat mengurangi intensitas pergerakan. Selain memperlambat pola gerak tubuh, Bunda juga diharapkan tidak terlalu aktif. Melakukan olahraga ringan juga disarankan, meski begitu hindari sit-up ya Bun. Gerakan sit up yang menstimuli otot di sekitar perut untuk berkontraksi akan semakin memperparah timbulnya nyeri.

Jika nyeri tersebut disertai timbulnya vlek, bisa jadi hal itu adalah gejala keguguran. Segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapat solusi terbaik.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading