Sukses

Parenting

Hidung Terus – Terusan Mampet

Sampai juga di minggu ketiga trimester ketida ya Bun. Menurut situs whattoexpect.com, pada minggu ini biasanya ibu hamil lebih sering mengalami hidung tersumbat. Tahu nggak sih Bun, meski hidung tersumbat biasanya jadi gejala pilek, tidak untuk yang satu ini.

Situs yang sama menyebutkan tersumbatnya hidung merupakan akibat dari pengaruh hormone kehamilan. Estrogen dan progesterone merangsang lebih banyaknya darah yang mengalir menuju membran mucous yang berada di dalam rongga hidung. Hal itu kemudian menyebabkan dinding dalam hidung meradang dan membengkak, menyebabkan jalan keluar masuknya udara terhambat.

Mampetnya hidung tidak hanya terjadi di siang hari Bun. Bahkan fenomena itu berubah jadi sesuatu yang lebih mengganggu, yaitu dengkuran.

Nah, jika Bunda mengalami gangguan yang dijelaskan di atas, gunakan nasal strip atau obat pilek hirup untuk mengatasinya. Jika hal itu belum reda dalam jangka waktu yang sudah tidak bisa ditolerir, konsultasikan dengan dokter. Siapa tahu saja itu merupakan gejala pilek dan bukan hidung mampet akibat hamil.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading