Sukses

Parenting

Trimester Kedua Kehamilan Butuh Tambahan 340 Kalori per Hari

Moms, memasuki minggu ke-13 kehamilan kebutuhan makanan Anda akan semakin meningkat jika dibandingkan dengan minggu-minggu awal kehamilan. Di minggu kehamilan ini, Anda perlu kalori ekstra untuk memasok kebutuhan Anda dan janin yang ada dalam kendungan Anda.

Meski demikian, ini tidak berarti bahwa Anda harus menggandakan porsi makan Anda, karena kelebihan berat badan justru akan meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan dan persalinan.

Seperti dilansir dari laman mom.me, di minggu ke-13 ini Anda hanya membutuhkan tambahan sekitar 340 kalori per hari. Dan untuk memasok kebutuhan tersebut, Anda sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi protein serta karbohidrat tambahan.

Protein
Dilansir dari laman yang sama, kebutuhan protein wanita meningkat selama kehamilan sekitar 60 gram per hari. Namun ada juga beberapa ahli yang berpendapat kebutuhan protein semasa hamil lebih banyak, yakni berkisar antara 75 dan 100 gram protein per hari.

Memperbanyak konsumsi daging, telur dan susu adalah pilihan terbaik untuk menambah asupan protein Anda. Jika Anda tidak terbiasa dengan daging-dagingan, protein nabati dari kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjadi alternatif bijak bagi Anda.

Karbohidrat
Sepanjang kehamilan, karbohidrat memasok sebagian besar kebutuhan energi Anda. Bagi kebanyakan wanita hamil, asupan karbohidrat sehari-hari harus mencakup 40 sampai 50 persen dari kebutuhan kalori harian Anda.

Tapi, jika Moms kebetulan mengidap diabetes gestasional, sebaiknya Moms konsultasi dulu ke dokter Anda untuk mendapat rekomendasi menu guna memenuhi asupan karbohidrat Anda.

Oleh: Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading