Sukses

Parenting

Protein dan Zat Besi: Primadona Nutrisi Di Kehamilan Usia 18 Minggu

Moms tahukah Anda dua nutrisi penting yang dibutuhkan seorang ibu hamil sepanjang masa kehamilannya? Yap. Jawabannya adalah protein dan zat besi.

Jika asam folat sangat penting untuk dikonsumsi sejak pra-kehamilan dan sepanjang trimester pertama hingga kedua dan ketiga dengan porsi yang pas, demikian juga halnya dengan protein dan zat besi.

Protein sebagai salah satu sumber kalori bagi ibu hamil sangat penting untuk dikonsumsi di sepanjang masa kehamilan Anda. Begitu pula di usia kehamilan ke-18 minggu ini. Protein dan zat besi menjadi primadona dari nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Dilansir dari laman deherba.com, ibu hamil membutuhkan protein sebanyak 60 gram per hari. Kebutuhan ini bisa dicukupi melalui sumber protein hewani seperti daging sapi, unggas, ikan, susu dan atau telur.

Selain hewani, kebutuhan protein bisa diperoleh dari sumber nabati seperti tahu, tempe, mentega, kacang-kacangan dan lainnya.

Fungsi penting protein, selain sebagai sumber kalori, juga sangat diperlukan untuk pembentukan sel dan darah, pembangunan sel-sel baru pada janin dan juga untuk pembentukan sebagian besar hormon bagi ibu dan janin dalam kandungannya.

Sedangkan zat besi, seperti ditambahkan laman kompas.com, ibu hamil rata-rata membutuhkan sebanyak 30 mg per hari atau dua kali lipat dari biasanya. Zat besi diperlukan untuk pembentukan darah dan, utamanya, mencegah anemia.

Memasuki usia kehamilan ke-18 minggu, biasanya memang ibu hamil akan mulai mengalami gejala anemia. Nah, di sinilah zat besi akan sangat membantu untuk menghasilkan cadangan darah bagi Moms. Anda bisa memperoleh banyak asupan zat besi dengan rutin mengonsumsi daging sapi dan atau sayur bayam.

Oleh : Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading