Sukses

Parenting

Kung Po Tempe: Alternatif Menu Penuh Gizi di Minggu ke-18 Kehamilan

Moms, memasuki minggu ke-18 kehamilan Anda, Anda harus pandai-pandai mengatur menu makan Anda sehari-hari agar tidak mudah bosan.

Yang terpenting adalah selalu kombinasikan makanan segar dan bernutrisi dalam menu harian Anda agar tidak terjadi defisiansi gizi.

Pasalnya, seperti diingatkan melalui laman cyncynthiaong.blogspot.com, defisiensi gizi pada ibu hamil dapat menyebabkan beragam gangguan pada janin.

Sebagai contoh, kekurangan asam folat akan menyebabkan kelainan pada susunan saraf pusat, sementara defisiensi protein akan menggangu pertumbuhan janin. Bukan hanya itu, kekurangan selenium dan zinc, atau seng, akan menyebabkan kelainan bawaan.

Makanya, untuk menghindari defisiensi nutrisi serta kebosanan makan, yuk coba resep spesial yang dilansir dari laman parentsindonesia.com berikut ini.

Versi resep Kung Po kali ini menggunakan tempe sebagai bahan dasar sayuran. Tentunya, Moms bisa mengganti tempe dalam resep ini dengan beragam sayuran yang Anda sukai.

Untuk membuatnya, Moms perlu bahan-bahan sebagai berikut:

300 gr tempe

2 siung bawang putih, haluskan

½ sdt garam

500 ml air

100 gr kacang mede goreng

3 sdm saus kung po

50 gr bawang bomby, belah dua, iris setengah lingkaran

2 siung bawang putih, memarkan

75 gr paprika merah, potong serong dadu 2 cm

75 gr paprika hijau, potong serong 2 cm

75 gr paprika kuning potong serong 2 cm

2 btg daun bawang potong serong 2 cm

10 bh cabai merah lerong kecil, iris serong 1 cm

½ sdt garam

½ sdt merica

1 sdt gula pasir

½ sdt minyak wijen

100 ml air

2 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air.

Cara membuat begini Moms. Potong tempe ukuran 4,5 cm x 1,5 cm. Dalam mangkok besar campur air, garam, dan bawang putih, lalu aduk rata dan masukkan tempe. Aduk rata dan biarkan 10 menit. Sesudah itu goreng tempe dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat sisihkan.

Kemudian, panaskan 2 sdm minyak goreng dengan api sedang. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan saus kung po lalu aduk rata. Masukkan semua paprika, cabai dan daun bawang sambil diaduk cepat. Setelahnya, besarkan api dan tuang air. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

Proses terakhir, masukkan tempe dan minyak wijen, lalu aduk hingga tempe tercampur saus. Tuang cairan maizena secukupnya dan masak hingga cairan mengental. Kemudian angkat dan sajikan hangat. Sudah!

Enak, lezat, sehat, bergizi dan bisa divariasi dengan beragam sayuran. Gak bakal bikin bosan deh!

Oleh: Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading