Sukses

Parenting

Kalsium, Omega 3, dan Vitamin A Untuk Ibu Hamil Usia 18 Minggu

Moms, memasuki minggu ke-18 usia kehamilan, selera makan Anda biasanya sudah membaik karena rasa mual-mual terhadap makanan yang Anda alami sudah mereda.

Dilansir dari laman theasianparent.com, pada 18 minggu masa kehamilan ini, pola makanan sehat untuk ibu hamil kurang lebih sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Namun Moms perlu menambahkan konsumsi kalsium dan vitamin A mengingat panjang bayi Anda sudah sekitar 27 cm dengan berat sekitar 360 gram.

Nah, berikut daftar selengkapnya tambahan nutrisinya ya Moms:

Kalsium dan Omega 3
Kalsium terus dibutuhkan karena tulang bayi terus berkembang. Cikal bakal gigi yang terbentuk di balik gusi juga mulai berkembang sehingga asupan kalsium sangat penting.

Cara paling praktis untuk mendapatkan kalsium yang cukup adalah melalui susu. Pilihlah susu yang sudah dipasteurisasi supaya aman untuk janin ya Moms.

Otak bayi pada usia kehamilan ini juga berkembang dengan pesat. Konsumsilah banyak Omega 3 untuk mendukung perkembangan otaknya.

Dilansir dari readersdigest.co.id, Christopher Mohr, PhD, RD, CSSD menjelaskan bahwa manfaat optimal dari omega 3 bisa diperoleh dengan melakukan konsumsi secara rutin minimal 500mg/hari.

Kandungan Omega 3 yang tinggi dapat Anda temui pada ikan salmon, sardin, tahu, kacang kedelai, telur, sayuran hijau, susu, keju, dan wijen. Berdasar saran ahli medis, konsumsilah suplemen Omega 3 bila perlu dan lanjutkan hingga menyusui.

Vitamin A
Satu hal yang tidak kalah penting dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil 18 minggu adalah vitamin A. Sebagian ibu hamil mengalami mata kering pada usia kehamilan ini. Gunakanlah tetes mata atau air mata buatan untuk mengatasinya seraya tetap mengasup menu yang banyak mengandung vitamin A. Selain baik untuk mata, vitamin ini juga mempengaruhi pembentukan sel darah merah dan kulit.

Oleh : Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading