Sukses

Parenting

Hamil Usia 19 Minggu, Kebutuhan EFA Meningkat!

Moms, jika Anda memasuki usia kehamilan minggu ke 19, maka Anda harus mulai menambah asupan asam lemak esensial Anda. Apa itu asam lemak esensial?

Asam lemak esensial, atau biasa dikenal dengan EFA, adalah jenis lemak yang kita butuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan. Dilansir dari laman mercola.com, ibu hamil di pertengahan trimester kedua dan ketiga, yakni mulai minggu ke 19 dan seterusnya, memiliki kebutuhan yang meningkat akan EFA.

Hal ini disebabkan EFA memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan otak janin Anda. Seperti dijelaskan laman kompas.com, EFA terbagi dalam dua jenis, yakni omega-3 dan omega-6.

Asam lemak omega-3 diketahui penting untuk otak dan perkembangan retina. Nutrisi ini dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi sayuran, daging, dan telur. Sedangkan omega-6 dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kacang kedelai, ikan tuna, ikan sarden, dan juga salmon.

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan EFA ke dalam menu makan Anda dengan menambahkan sejumlah kecil bubuk flaxseed, minyak biji rami, minyak canola, minyak kulit ari beras atau minyak kedelai setiap hari.

Yang perlu Anda ingat, seperti dilaporkan dalam laman infopemanasanglobal.wordpress.com, adalah batasi konsumsi margarin dan makanan lain yang mengandung lemak terhidrogenasi. Karena asam lemak trans yang terkandung dalam bahan makanan tersebut telah terbukti mengurangi EFA.

Oleh : Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading