Sukses

Parenting

Duh, Sembelit! Makan Makanan Berserat Yuk!

Moms, jika usia kandungan Anda telah memasuki minggu ke-17 mungkin Anda akan sering mengalami keluhan gangguan pencernaan, terutama sembelit.

Gangguan pencernaan seperti sembelit memang dikenal sering menghampiri wanita hamil, terutama bagi ibu hamil yang usia kandungannya mulai membesar. Sembelit sering terjadi pada ibu hamil karena pertumbuhan janin yang menekan usus.

Tapi jangan khawatir para Moms! Untuk mengatasi permasalahan sembelit pada ibu hamil terbilang cukup mudah kok. Salah satu solusi adalah mengasup makanan berserat.

Nah, dijelaskan melalui laman www.buahuntukdiet.com, berikut adalah jenis-jenis buah dan sayur kaya serat yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan sembelit pada ibu hamil. Simak yuk!

- Brokoli dan Wortel
Dua jenis sayuran ini termasuk ke dalam golongan sayuran yang kaya akan serat. Warnanya khas berwarna hijau dan oranye. Kandungannya sangat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Tiap 100 gr dari brokoli dan wortel mengandung sekitar 4 gram serat.

- Kacang Polong
Selain kaya protein nabati, kacang polong juga banyak kandungan seratnya lho Moms. Dalam 100 gr kacang polong terkandung sekitar 8,3 gr serat.

Selain itu, kacang polong juga mengandung senyawa penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ya, kandungan asam folat dalam kacang polong dipercaya sangat besar manfaatnya bagi perkembangan janin terutama kecerdasan otak bayi.

- Pepaya dan Pir
Kedua buah ini mempunyai kandungan yang sama bagusnya untuk mengatasi sembelit. Untuk tiap 100 gramnya, pepaya mengandung kadar serat sebanyak 1,8 gr, sedangkan buah pir memiliki kandungan serat sekitar 3,1 gr.

Air mineral
Sebagai tambahan dari konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, konsumsi air mineral adalah wajib tiap harinya lho Moms. Minumlah air mineral minimal 2 liter tiap harinya. Air yang mengandung mineral mampu melunturkan lemak dan juga dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Oleh: Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading