Sukses

Parenting

Pentingnya Vitamin A Bagi Kehamilan Usia 21 Minggu

Moms, memasuki minggu ke 21 kehamilan Anda mungkin sudah tidak sabar untuk mendengar tangisan bayi yang kini masih berada dalam kandungan Anda ya? Sabar. Masih tersisa 19 minggu lagi untuk mengalami masa-masa itu Moms.

Nah, sembari menunggu kelahiran bayi Anda, ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri dengan mengonsumsi gizi dan nutrisi yang cukup agar bayi Anda kelak dapat lahir dengan sehat dan sempurna.

Dilansir dari laman babycenter.in, salah satu nutrisi penting selama kehamilan 21 minggu adalah vitamin A. Anda sangat perlu vitamin A baik untuk kepentingan Anda maupun si jabang bayi. Vitamin ini sangat penting untuk penglihatan malam, pertumbuhan sel, kulit yang sehat dan produksi sel darah merah.

Vitamin A ada di makanan kita dalam dua bentuk: retinol dan beta karoten. Kedua zat tersebut diperlukan bayi Anda yang sedang mengalami perkembangan jaringan dan organ tubuh.

Vitamin A dalam bentuk retinol dapat Anda temui dalam kuning telur, mentega, margarin dan susu. Semua makanan ini baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Selain itu, retinol juga terkandung dalam hati sapi dan ayam. Hanya saja, kandungan retinol pada bahan makanan ini dosisnya terlalu tinggi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk sedikit saja mengonsumsi makanan berbahan hati selama masa kehamilan.

Di samping retinol, vitamin A dalam bentuk beta-karoten juga baik unntuk Anda konsumsi. Sumber betakaroten yang baik dapat Anda temui di buah atau sayuran berwarna terang seperti wortel, ubi jalar, pepaya, jeruk dan atau sayuran hijau terutama brokoli dan bayam.

Tapi perlu diingat ya Moms. Konsumsi berlebihan vitamin A bisa bersifat kontra-produktifd. Alih-alih membantu, kelebihan vitamin ini bisa memicu kerusakan jaringan.

Oleh : Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading