Sukses

Parenting

24 Minggu Kehamilan: Waspada Hipertensi, Kurangi Konsumsi Garam

Moms, jika kandungan Anda telah memasuki minggu ke 24 masa kehamilan makan berhati-hatilah pada kemungkinan hipertensi. Seperti dilansir dari laman ayahbunda.co.id, di usia kehamilan ini pastikan bahwa Anda membatasi konsumsi garam yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan mengakibatkan pembengkakan pada kaki akibat menahan cairan tubuh.

Membatasi asupan garam dalam tubuh bisa dilakukan dengan melakukan diet garam Moms. Cara melakukan diet garam, sebagaimana dijelaskan laman whattoexpect.com, terbagi menjadi 3 macam:

- Pertama, diet rendah garam. Diet ini terdiri dari diet ringan dengan mengonsumsi 3,75 - 7,5 gram garam per hari.
- Kedua, diet menengah. Kendali pola makan ini dilakukan dengan mengasup 1,25 - 3,75 gram garam per hari.
- Dan ketiga, diet berat. Nah, yang ini dilakukan dengan mengonsumsi asupan garam kurang dari 1,25 gram per harinya.

Menjaga rasa makanan sealami mungkin merupakan cara terbaik menjalani program diet garam ini, Moms. Saat menurunkan konsumsi garam, makanlah banyak buah-buahan dan sayur kaya potasium, seperti kacang-kacangan dan aprikot.

Potasium membantu untuk menurunkan tekanan darah. Namun jika Anda mengalami gangguan ginjal, hindari potasium sebab memperburuk kondisi ginjal.

Selain itu, laman mediskus.com menambahkan bahwa Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi kalsium dan magnesium, dua jenis mineral yang baik bagi penderita hipertensi.

Kalsium dan magnesium ini dapat Anda temui pada susu, ikan laut (jangan lupa pilih ikan yang rendah kontaminasi terhadap logam seperti Salmon), rumput laut, kol, kacang almond kering, bayam, alpukat, pisang, kismis dan kacang mede.

Buah-buahan dan sayuran tinggi serat juga mempunyai kemampuan menurunkan tekanan darah. Asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dari minyak ikan tuna juga mempunyai efek yang bagus menurunkan tekanan darah.

Oleh : Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading